Hubungan Tingkat Preferensi Makanan, Tingkat Pengetahuan Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswa Asrama SMA Negeri 1 Padang Panjang

Main Author: Ridwan, Fajri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/29983/1/COVER%20DAN%20ABSTRAK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29983/2/BAB%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29983/3/BAB%207.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29983/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29983/5/SKRIPSI%20LENGKAP%20WATERMARK.pdf
http://scholar.unand.ac.id/29983/
Daftar Isi:
  • Asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan faktor langsung yang mempengaruhi status gizi. Preferensi makanan dan pengetahuan gizi akan menentukan pilihan asupan makanan pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat preferensi makanan, tingkat pengetahuan gizi dan aktivitas fisik dengan status gizi pada siswa asrama SMA Negeri 1 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan pendekatan cross sectional Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang untuk dilakukan wawancara preferensi makanan, pengetahuan gizi dan aktivitas fisik, serta dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil univariat didapatkan prevalensi underweight adalah 20% dan overweight 15%, sampel dengan tingkat preferensi makanan rendah sebanyak 9%, sampel dengan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 45%, dan sampel dengan aktivitas fisik ringan sebanyak 25%. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat preferensi makanan (p=0,716), dan tingkat pengetahuan gizi (p=0,133) dengan status gizi, namun terdapat hubungan antara aktivitas fisik (p=0,000) dengan status gizi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat preferensi makanan dan tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi dan terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi. Kata kunci: preferensi makanan, pengetahuan gizi, aktivitas fisik, status gizi.