HUBUNGAN KEGAGALAN BLOK PADA SEMESTER I DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Main Author: CHERYLINA, GRACE GIDEON
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/292/1/201507241221th_final%20thesis%20full.pdf
http://scholar.unand.ac.id/292/
Daftar Isi:
  • Stres adalah sebuah kondisi di mana seseorang merasa tegang dan terganggu akibat tekanan fisik, mental atau emosional. Ini dapat menimbulkan gejala fisik, kognitif, emosional atau perilaku yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari jika tidak ditangani dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jumlah gagal blok pada semester I dengan tingkat stres pada mahasiwa tahun pertama angkatan 2014 di Fakultas Kedokeran Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 115 orang mahasiswa angkatan 2014. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Depression Anxiety and Stress Scale 42 (DASS 42) dan telah diuji pada 30 orang sampel dari angkatan yang sama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa yaitu 51 orang (60%) mahasiwa yang tidak mempunyai gagal blok dan 13 orang (68,4%) yang gagal 1 blok mengalami stres tingkat normal sedangkan 4 orang (57,1%) mahasiswa yang gagal 2 blok dan 2 orang (5%) mahasiwa yang gagal 3 blok mengalami stres tingkat sedang. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman dan hasil yang didapatkan adalah r=0.261 dengan nilai signifikan sebesar 0.005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kegagalan blok dengan tingkat stres pada mahasiswa walaupun hubungan tersebut dalam kategori rendah. Kata kunci: kegagalan blok, tingkat stres, mahasiswa kedokteran