FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN GIZI PADA PASIEN YANG MENDAPATKAN MAKANAN BIASA DI RUANG RAWAT INAP RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2017
Main Author: | Afrizal, Afrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/27708/1/Cover%20dan%20Abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/27708/2/BAB%201%20Pendahuluan.pdf http://scholar.unand.ac.id/27708/3/BAB%206%20Kesimpulan%20dan%20saran.pdf http://scholar.unand.ac.id/27708/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/27708/5/Skripsi%20Full%20Text.pdf http://scholar.unand.ac.id/27708/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pelayanan gizi pada pasien yang mendapatkan makanan biasa di ruang rawat inap RSUD dr.Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2017. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi adalah pasien yang telah dirawat ≥ 3 hari dengan sampel sebanyak 49 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling insidental. Data dikumpulkan oleh peneliti menggunakan kuesioner serta dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian dari 49 responden yang menyatakan puas terhadap pelayanan gizi sebesar 70,4 %, kehandalan 51,0 %, daya tanggap 59,2 %, jaminan69,4 %, empati79,6 %, bukti fisik 53,1 %. Terdapat hubungan yang bermakna antara kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dengan tingkat kepuasan. (p<0,05) Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dengan tingkat kepuasan.Disarankan kepada pihak instalasi gizi RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittingggi untuk mempertahankan mutu pelayanan dan melakukan survey kepuasan pasien rawat inap secara berkala. Daftar Pustaka :59 (1996 – 2016) Kata Kunci :kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, dan tingkat kepuasan