ANALISIS KINERJA UNIVERSITAS NEGERI PADANG SETELAH PENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM
Main Author: | Dewi, Pebriyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/27611/1/cover%20dan%20abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/27611/2/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/27611/3/BAB%20V.pdf http://scholar.unand.ac.id/27611/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/27611/5/tesis%20dewi%20pebriyani%20s2%20akuntansi-min.pdf http://scholar.unand.ac.id/27611/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Universitas Negeri Padang setelah penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU). Indikator penilaian kinerja yang digunakan ialah indikator kinerja keuangan, indikator tingkat kepuasan masyarakat, dan indikator berdasarkan Perdirjen Perbendaharaan Nomor:Per32/PB/2014. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif terhadap capaian kinerja Universitas Negeri Padang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan Universitas Negeri Padang untuk tahun 2016 lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari analisis laporan keuangan yang menunjukkan rasio yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Penilaian kinerja pelayanan yang dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat menggunakan indikator penilaian berdasarkan Kepmenpan No.KEP/25/M.PAN/2/2004, sebesar 71,43 dengan kategori penilaian baik. Kenyataan ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Negeri Padang secara keseluruhan merasa puas akan kinerja pelayanan yang diberikan oleh Universitas Negeri Padang. Kinerja Keuangan dan Non keuangan berdasarkan Perdirjen Perbendaharaan Nomor:Per-32/PB/2014 secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik dengan penilaian total sebesar 76,08 kategori A (baik). Untuk capaian kinerja keuangan sebesar 24,36 dari total skor untuk kinerja keuangan sebesar 30, sedangkan untuk capaian kinerja non keuangan mendapat nilai 51,71 dari total 70. Untuk mengoptimalkan kinerja Universitas Negeri Padang, maka disarankan agar meningkatkan kualitas pelayanan guna memberikan pelayanan maksimal dan melakukan evaluasi penilaian kepuasan masyarakat secara berkala berdasarkan Kepmenpan No.KEP/25/M.PAN/2/2004. Melakukan audit laporan keuangan oleh auditor eksternal, dan membuat SOP tentang pengelolaan utang. Kata kunci : Badan Layana Umum, kinerja keuangan, kinerja non keuangan,tingkat kepuasan masyarakat