ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHAN BATU
Main Author: | RIZKY, HANDAYANI LUBIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/2724/1/832.pdf http://scholar.unand.ac.id/2724/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Persentasi rujukan pasien peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Kota Rantauprapat Tahun 2014 memiliki angka persentasi yang sangat tinggi (45,81%) dibandingkan dengan standar rujukan 12%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan rujukan peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Kota Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu Tahun 2015. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussion, observasi dan telaah dokumen di Puskesmas Kota Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Rekaman hasil wawancara mendalam dibuat dalam bentuk transkip dan dianalisis serta diinterpretasikan dalam bentuk hasil penelitian. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa Puskesmas Kota Rantauprapat memiliki persentasi angka rujukan tinggi yaitu 35%. Diagnosa penyakit yang banyak dirujuk oleh Puskesmas adalah Penyakit Mata dan Diabetes Mellitus. Ketersediaan dokter, Fasilitas dan alat kesehatan, Pengetahuan petugas kesehatan, diagnosa pasien rujukan berpengaruh terhadap tingginya angka rujukan. Kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan rujukan di Puskesmas belum berjalan dengan baik, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain perlunya meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan di Puskesmas dengan mengadakan pertemuan secara rutin, standarisasi dan kelengkapan fasilitas alat kesehatan serta mengadakan penyuluhan kepada pasien mengenai penyakit mata. Daftar Pustaka : 31 (2007-2014) Kata Kunci : Peserta BPJS Kesehatan, Angka Rujukan, Puskesmas