Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan RSIA Cicik Kota Padang telah melakukan kegiatan pemasaran rumah sakit dari tahun 2012, tetapi data menunjukkan kunjungan pasien mengalami fluktuasi yaitu pada tahun 2013 sebanyak 15.827 pasien, lalu pada tahun 2014 menjadi 16.931 pasien dan pada tahun 2015 menurun menjadi 15.422 pasien. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan marketing mix (bauran pemasaran) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Cicik Kota Padang. Metode Jenis penelitian ini merupakan Mixed Method dengan tipe Sequential Explanatory. Dilakukan di RSIA CIcik pada Bulan Maret-April 2017. Sampel terdiri dari 96 orang pasien rawat jalan, menggunakan teknik purposive sampling. Informan berjumlah 7 orang. Hasil Hasil penelitian menunjukkan , 36,5% menyatakan tidak loyal, 43,8% menyatakan produk tidak memadai, 29,2% menyatakan harga tidak terjangkau, 54,2% menyatakan tempat tidak baik, 60,4% menyatakan promosi tidak baik, 34,4% menyatakan SDM tidak baik, 45,8% menyatakan proses tidak baik, 35,4% menyatakan bukti fisik tidak memadai. Terdapat hubungan signifikan antara tempat, SDM dan bukti fisik dengan loyalitas pasien. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara produk, harga, promosi dan proses terhadap loyalitas pasien. Kesimpulan Loyalitas pasien di RSIA Cicik dipengaruhi oleh penilaian pasien terhadap tempat, SDM dan bukti fisik. Disarankan kepada rumah sakit untuk memperluas area parkir dan melakukan promosi baik melalui media online ataupun media cetak serta meningkatkan dan memelihara sarana dan prasarana di ruang tunggu untuk pasien rawat jalan. Kata Kunci : Marketing mix, Loyalitas pasien