PERANAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PETERNAK AYAM RAS PEDAGING DI KOTA PAYAKUMBUH
Main Author: | NOLA, SABRINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/2576/1/807.pdf http://scholar.unand.ac.id/2576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak ayam ras pedaging di Kota Payakumbuh dan untuk mengetahui peran media massa dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging di Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Pengambilan data dilakukan dengan teknik stratified random sampling dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Variabel penelitian yaitu karakteristik peternak ayam ras pedaging terdiri dari umur peternak, jenis kelamin, tingkat pendidikan, skala usaha, pekerjaan utama, dan lama beternak. Jenis media massa yang digunakan, frekuensi pemanfaatan media massa dan peran media massa dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging yang berpedoman pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 40 tahun 1999 tentang PERS. Hasil dari penelitian ini didapatkan peternak 100% berumur produktif yaitu berumur 15-64 tahun, sebanyak 56.52% peternak berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan peternak 86.95% adalah SLTA, skala usaha termasuk dalam skala sedang yaitu dengan jumlah populasi <5.000 sebanyak 78.26%, pekerjaan utama petani/peternak sebanyak 65.21% dan sebanyak 60.86% peternak memiliki pengalaman beternak selama 5-10 tahun. 8.69% media massa yang digunakan peternak yaitu media cetak berupa majalah pertanian, 8.69% peternak memanfaatkan media massa setiap tahun dan 4.35% media massa kurang berperan dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging di Kota Payakumbuh. Kata Kunci : Peranan, Media Massa, Pengetahuan Peternak