Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation Terhadap Firm Performance pada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Makanan Khas Minang di Kota Padang
Main Author: | Emilda, Emilda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/24808/1/Emilda%20Cover%20dan%20Abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/24808/2/Emilda%20BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/24808/3/Emilda%20BAB%20V.pdf http://scholar.unand.ac.id/24808/4/Emilda%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/24808/5/Emilda%20Tugas%20Akhir%20Ilmiah.pdf http://scholar.unand.ac.id/24808/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari entrepreneurial orientation dan market orientation terhadap firm performance pada industri kecil dan menengah (IKM) makanan khas minang di kota padang. Sampel penelitian ini adalah industri kecil dan menengah (IKM) makanan khas minang di kota Padang. Pengelolaan data penelitian dilakukan dengan Microsoft Excel, SPSS dan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan entrepreneurial orientation memiliki pengaruh positif terhadap firm performance, semakin baik penerapan entrepreneurial orientation pada industri kecil dan menengah (IKM) makanan khas minang di kota Padang maka pencapaian firm performance tersebut juga semakin baik. Selanjutnya market orientation tidak memiliki pengaruh positif terhadap firm performance, hasil ini memberi makna walaupun penerapan market orientation pada IKM sudah baik tetapi tidak berpengaruh pada pencapaian firm performance tersebut. Kemudian entrepreneurial orientation memiliki pengaruh positif terhadap market orientation, semakin besar tingkat entrepreneurial orientation yang dilakukan oleh IKM maka semakin besar juga tingkat market orientation. Kata Kunci : entrepreneurial orientation, market orientation, firm performance, IKM, makanan khas minang