MANAJEMEN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI KOTA SAWAHLUNTO
Main Author: | Valyana Mentari, Perdana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/2468/1/642.pdf http://scholar.unand.ac.id/2468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mendeskripsikan tentang Manajemen Program Full Day School Di Kota Sawahlunto. Kajian ini dilatar belakangi oleh adanya inovasi Kota Sawahlunto di bidang Pendidikan yaitu dengan membuat program full day school untuk meningkatkan mutu pendidikan dan karakter peserta didik di Kota Sawahlunto. Karena dulunya pendidikan Kota Sawahlunto sempat menduduki peringkat terakhir di Sumatera Barat. Fenomena yang terjadi yaitu program full day school telah dilaksanakan dari tahun 2009, namun sampai sekarang masih banyak pro dan kontra dari berbagai pihak terhadap program full day school ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk mengkaji keabsahan data yang didapat di lapangan, maka dilakukan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori fungsi-fungsi manajemen dari James A.F Stoner. Dari hasil penelitian, secara keseluruhan Manajemen Program Full Day School di Kota Sawahlunto yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto sebagian besar telah dilakukan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Dimana pada proses perencanaan sosialisasi yang terlalu singkat, pada proses pengorganisasian tidak dilakukannya monitoring reoganisasi dan pada proses pengendalian yaitu dalam menetapkan standar dalam mengukur prestasi kerja masih belum jelas. Kekurangan yang masih ada dalam manajemen program full day school tidak menjadi hal yang buruk karena dari kekurangan tersebut Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto akan terus membenahinnya. Kata Kunci : Manajemen, Program Full day School