ANALISIS USAHA STICK KENTANG RIFA DIKECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Main Author: RIZKY, BOYKE NAINGGOLAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/2458/1/446.pdf
http://scholar.unand.ac.id/2458/
Daftar Isi:
  • Studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha stick kentang Rifa dan menganalisis tingkat keuntungan dan break even point (titik impas) menggunakan analisa data kualitatif dan analisa kuntitatif. Analisa kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan profil usaha stick kentang Rifa. Analisa kuantatif untuk menghitung tingkat keuntungan dan titik impas usaha stick kentang Rifa. Usaha stick kentang Rifa adalah industri kecil berdiri sejak tahun 2006. Usaha ini memiliki 5 orang tenaga kerja termasuk pemilik usaha. Dari aspek operasional, usaha ini hanya memproduksi stick kentang yang dikemas dengan ukuran 1,2 ons. Pendistribusian dilakukan secara langsung dan tidak langsung. usaha stick kentang Rifa belum memiliki perencanaan jangka panjang untuk mengembangkan usaha seperti peningkatan kapasitas produksi yang diiringi dengan peningkatan jangkauan pasar dan membuat berbagai varian rasa dari stick kentang, pemasaran produksi yang masih bersifat lokal, penambahan produksi yang masih tetap, promosi yang dilakukan adalah personal selling. Laporan keuangan sederhana dan belum dibuat laporan keuangan. Selama bulan September-Oktober 2014, keuntungan usaha ini sebesar Rp 1.864.279. Usaha ini telah berproduksi diatas titik impas (impas kuantitas 556 bungkus dan impas penjualan Rp 3.438.240). Berdasarkan hasil penelitian, pemilik usaha disarankan mencantumkan tanggal kadaluarsa pada setiap jenis kemasan dan berat bersih dari produk tersebut, Usaha stick kentang Rifa juga disarankan untuk menambah variasi rasa produk stick kentang agar dapat menambah pendapatan usaha, dan disarankan untuk melakukan promosi melalui media cetak untuk lebih mengenalkan stick kentang ke masyarakat luas sehingga nantinya akan dapat menciptakan permintaan terhadap produk. Kata kunci: Analisis, usaha, stick kentang, mendeskripsikan profil usaha, menghitung keuntungan.