STUDI TENTANG PERHITUNGAN SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) PT CITRA NUSANTARA MANDIRI (CNM) DALAM MEMPRODUKSI BENIH JAGUNG HIBRIDA
Main Author: | Puspita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/23596/6/Cover%20dan%20Abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/23596/7/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/23596/8/BAB%20V%20KESIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/23596/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/23596/10/Tugas%20Akhir%20Ilmiah%20utuh.pdf http://scholar.unand.ac.id/23596/ |
Daftar Isi:
- Bisnis sosial merupakan suatu konsep yang harus diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial di Indonesia. Tujuan dari bisnis sosial adalah untuk menggabungkan keuntungan dan manfaat sosial. PT CNM adalah perusahaan penghasil benih jagung hibrida yang menerapkan sistem kemitraan dengan petani. Data pada PT CNM mengidentifikasikan bahwa telah diterapkan prinsip bisnis sosial di Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung sirih Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Social Return on Investment (SROI). Metoda pengukuran SROI yang digunakan adalah model pengembangan dari diperkenalkan oleh REDF dan NEF (Nicholls, Jeremy, et.al., 2012). Hasil akhir dari rasio SROI penelitian ini menunjukkan 6,4:1. Hal ini berarti untuk setiap Rp 1,00 yang diinvestasikan, akan menghasilkan nilai sosial sebesar Rp 6,4 sebagai manfaat petani mitra PT CNM. Hal ini menunjukkan bahwa PT CNM berhasil menciptakan dampak sosial yang membawa manfaat bagi petani. Rasio ini masih memiliki kesempatan untuk ditingkatkan. Kata Kunci : Bisnis sosial, Kembalian sosial, Social Return on Investment