Analisis Pengambilan Keputusan dan Persepsi Konsumen Terhadap Beras Organik RMU Penggilingan Padi Organik di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Aziarti, Anas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/23408/1/1.pdf
http://scholar.unand.ac.id/23408/2/2.pdf
http://scholar.unand.ac.id/23408/3/3.pdf
http://scholar.unand.ac.id/23408/4/4.pdf
http://scholar.unand.ac.id/23408/5/Aziarti%20Anas.pdf
http://scholar.unand.ac.id/23408/
Daftar Isi:
  • ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BERAS ORGANIK RMU PENGGILINGAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN Abstrak Penelitian betujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan mengukur persepsi konsumen beras organik RMU Penggilingan Padi Organik Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan Importance Performance Analysis (IPA). Karakteristik konsumen RMU Penggilingan Padi Organik berjenis kelamin laki-laki, berumur 46-55 tahun, tempat tinggal berjarak >10,1 Km, pendidikan akhir SMA, status pernikahan menikah, tanggungan empat orang, pekerjaan pegawai swasta, dan penghasilan perbulan Rp 2.500.000,00.- Rp 3.500.000,00. Dalam proses keputusan pembelian, motivasi konsumen membeli beras organik adalah pengetahuan, manfaat yang diharapkan adalah kebutuhan pemenuhan gizi, kendala dalam pembelian beras organik adalah lainnya (kurangnya persediaan beras organik, rasa beras organik biasa saja dan tidak ada kendala). Responden pernah melihat iklan/promosi beras organik, sumber informasi responden adalah keluarga/saudara, hal yang menarik responden membeli dan mengkonsumsi beras organik adalah kandungan gizi. Atribut yang paling dipertimbangkan dalam pembelian adalah khasiat/manfaat beras organik, yang memengaruhi responden dalam pembelian dan mengkonsumsi beras organik adalah keinginan sendiri, keputusan responden dalam membeli beras organik sudah direncanakan sebelumnya, pengaruh orang lain dalam menyarankan pembelian beras organik yaitu memberitahu pernah mencoba beras organik, lama reponden mengkonsumsi beras organik adalah 3 bulan, konsumen puas terhadap beras organik, persepsi konsumen tehadap beras organik sesuai dengan manfaat. Atribut beras organik RMU Penggilingan Padi Organik secara keseluruhan dipersepsikan baik dan harus dipertahankan oleh produsen karena mempengaruhi konsumen, diantaranya adalah atribut khasiat/manfaat, keamanan, komposisi yang dikandung dan daya tahan produk. Disarankan atribut rasa dapat disesuaikan dengan selera konsumen dan atribut kemudahan dalam mengakses lokasi dapat mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pendapatannya. Kata kunci : beras organik, proses keputusan pembelian, persepsi kosumen