Daftar Isi:
  • Dalam era ekonomi baru atau era “digitalization”, ditandai dengan persainganyang semakin ketat, lingkungan yang cepat berubah dan semakin sulit untuk diprediksi terutama pada sektor perusahaan produk semen. Setiap perusahaan berlomba-lomba menampilkan inovasi-inovasi dibidang bisnis, teknologi, dan manajerial untuk mewujudkan keunggulan kompetitif. Perusahaan harus merancang strategi untuk mencapai tujuan(Kotler,2000), sehingga hasil strategi yang diinginkan berupa daya saing,dan profitabilitas yang tinggi dapat dicapai(Hitt, Ireland, dan Hoskisson, 2011 ) Adapun tipe-tipe produk semen di PT. Semen Padang yaitu : 1) Portland Cement Type I, diapakai untuk keperluan kontruksi umum yang tidak memerlukan persyaratan khusus terhadap panas hidrasi dan kekuatan tekanan awal , 2) Portland Cement Type II, lebih tepat digunakanuntuk konstruksi bangunan yang terbuat dari beton, 3) portland cement type v, lebih tepat di gunakan untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat, 4) Portland composite cement (PCC) semen ini dapat digunakan luas untuk konstruksi umum pada beton, 5) Super masonry cement, semen ini lebih tepat digunakan untuk konstrusi perumahan, gedung, jalan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal, 6) Oil well cement, merupakan semen khusus yang lebih tepat digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan konstruksi sumur minyak bawah permukaan laut dan bumi, 7) Portland pozzolan cement, adalah semen hidrolid yang di buat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Produk ini lebih tept di gunakan untuk bangunan seperti: jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan podasi pelat penuh