ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi)

Main Author: Andri, Yovianda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/22529/1/ABSTRAK..pdf
http://scholar.unand.ac.id/22529/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/22529/3/BAB%20V.pdf
http://scholar.unand.ac.id/22529/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://scholar.unand.ac.id/22529/5/TESIS%20FULL%20TEXT.pdf
http://scholar.unand.ac.id/22529/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi pada tahun 2011 s.d 2015 dengan Pendekatan Metode Balance Scorecard. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode operational research dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif menggunakan single case study pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder melalui observasi dan telaah dokumen serta data primer melalui kuesioner yang ditujukan pada pasien dan karyawan rumah sakit. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balance Scorecard meliputi empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi dengan pendekatan metode Balance Scorecard adalah : 1) Perspektif Keuangan terdapat pada tiga indikator yang hasil capaian rata-ratanya tidak sesuai dengan standar baku rumah sakit yakni Collection Period (Perputaran Piutang) di atas 50-70 hari, Total Asset Turnover (Perputaran Total Asset) di bawah 0,9-1,1 dan Cost Recovery Rate (CRR) < 1; 2) Perspektif Pelanggan bahwa kepuasan pelanggan baik dengan skor rata-rata 4,03; 3) Perspektif Proses Bisnis Internal terdapat dua variable yang hasil capaian rata-ratanya di bawah standar ideal rumah sakit yakni Gross Death Rate (GDR) > 45/1000 penderita keluar dan Net Death Rate (NDR) > 25/1000; 4) Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran produktivitas karyawan meningkat, kepuasan karyawan baik dengan skor rata-rata 4,14. Kata kunci: pengukuran kinerja, rumah sakit umum daerah, balance scorecard indikator.