EVALUASI KINERJA PELAYANAN KECAMATAN (Studi pada Kecamatan Pemerintah Kota Bukittinggi)
Main Author: | Riri, Octavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/20222/6/Abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/20222/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf http://scholar.unand.ac.id/20222/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://scholar.unand.ac.id/20222/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/20222/5/Tesis%20Full%20Text.pdf http://scholar.unand.ac.id/20222/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian indikator program/kegiatan pelayanan yang ada dalam rencana strategis kecamatan di kota Bukittinggi. Indikator ini dinilai kesesuaiannya dengan konsep SMART secara self assessment berdasarkan kriteria yang ada. Berdasarkan indikator SMART, masih ada beberapa indikator yang tidak sesuai dan perlu dievaluasi kembali dalam penetapannya sebagai indikator. Salah satu indikator yang berkaitan dengan pelayanan yang terdapat pada ketiga kecamatan (Mandiangin Koto Selayan, Guguk Panjang dan Aur Birugo Tigo Baleh) di Bukittinggi adalah indeks kepuasan masyarakat. Selaras dengan indikator tersebut penelitian ini juga mengevaluasi kinerja pelayanan kecamatan dengan melaksanakan survei terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan pengolahan data survei kepuasan masyarakat didapatlah hasil bahwa indeks kepuasan masyarakat pada ketiga kecamatan berkategori B dengan mutu pelayanan baik. Ini berarti bahwa pelayanan kecamatan di lingkungan pemerintahan kota Bukittinggi telah berjalan dengan baik, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi terutama dalam indikator kepastian jadwal pelayanan, maklumat pelayanan dan indikator pengaduan, saran dan masukan. Indikator - indikator ini memiliki nilai yang paling rendah diantara 20 indikator yang ditanyakan kepada masyarakat. Meskipun ketiga kecamatan memiliki IKM dengan nilai B dan selisih angkanya sangat tipis, tetapi nilai IKM yang paling tinggi diperoleh oleh Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Kata Kunci : Evaluasi Kinerja, Pelayanan Publik, SMART, Indeks Kepuasan Masyarakat