CODE MIXING IN "ilook" TELEVISION PROGRAM ON NET.TV
Main Author: | FAUZIAH, FAJRINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/20200/1/1.%20COVER%20%26%20ABSTRAK.pdf http://scholar.unand.ac.id/20200/6/Bab%201%20%28pendahuluan%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/20200/3/BAB%204%20%28penutupa%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/20200/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://scholar.unand.ac.id/20200/7/Isi%20%28thesis%20full%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/20200/ |
Daftar Isi:
- Dalam skripsi ini dibahas tentang campur kode yang terjadi dalam tuturan pembawa acara dalam sebuah program televisi “ilook” di Net.TV. Tujuan penelitian ini untuk menemukan tipe-tipe campur kode. Data penelitian ini diperoleh dari tuturan pembawa acara saat berkomentar tentang penampilan fashion icon. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi dengan teknik simak bebas libat cakap yang dikemukakan oleh Sudaryanto (1998). Pengambilan data dilakukan penulis dengan cara mengunduh 3 video di “youtube”. Dan kemudian mencatat campur kode yang muncul. Penulis menganalisis data yang berkaitan dengan tipe-tipe campur kode menggunakan teori dari Muysken (2000) dan penyebab timbulnya campur kode ke dalam teori konteks Ethnography of Communication (SPEAKING) dari Hymes (1972). Dari hasil analisis ditemukan 3 tipe campur kode yaitu, (1) penyisipan, (2) alternasi, (3) leksikalisasi kongruen. Dari ketiga campur kode tersebut, tipe campur kode yang paling sering digunakan oleh pembawa acara dalam program televisi “ilook” adalah tipe penyisipan. Tujuan dari penyisipan adalah untuk menyesuaikan dengan setting acara yang notabene adalah acara fashion. Hal ini disebabkan karena penonton acara ini adalah orang Indonesia sehingga pembawa acara program ini hanya menyisip kata-kata Bahasa Inggris yang sudah umum digunakan. Kata Kunci : campur kode, konteks