IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) PADA TOKO ORIGINAL CELLULAR & SERVICE UNTUK PELAYANAN SERVICE HANDPHONE DAN CLAIM GARANSI MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO
Main Author: | HENDRIK, PRATAMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/18794/6/COVER.pdf http://scholar.unand.ac.id/18794/2/BAB%20I.pdf http://scholar.unand.ac.id/18794/3/BAB%20VI.pdf http://scholar.unand.ac.id/18794/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://scholar.unand.ac.id/18794/5/TUGAS%20AKHIR%20%28HENDRIK%20PRATAMA%20-%201110963018%29.pdf http://scholar.unand.ac.id/18794/ |
Daftar Isi:
- Implementasi ERP pada Toko Original Cellular & Service dilakukan menggunakan aplikasi Odoo. Implementasi diperlukan karena proses pencatatan laporan transaksi serta laporan keuangan yang tidak berjalan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem berbasis ERP yang mempermudah dalam transaksi maupun pembuatan laporan yang ada menggunakan aplikasi Odoo. Tahapan yang dilakukan adalah identifikasi masalah bersamaan dengan studi literatur, perumusan masalah, pengumpulan data, menganalisis proses bisnis perusahaan yang digambarkan menggunakan BPMN, penerapan aplikasi ERP dan pengujian aplikasi pada toko. Proses bisnis yang diidentifikasi adalah penjualan, pembelian, claim garansi dan pelayanan service ponsel. Modul Odoo yang digunakan diantaranya sales management, purchase management, warehouse, claim, dan accounting. Hasil pengujian sistem didapatkan dengan membandingkan sistem yang telah berjalan dengan sistem menggunakan ERP. Hasil penelitian membuktikan bahwa Odoo dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam melakukan transaksi serta pembuatan laporan keuangan sehingga dapat membantu menejer dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.