Pengaruh Atribut Produk, Harga, dan Promosi pada Brand Switching bagi Pengguna SIM Card di Kota Padang
Main Author: | MELANI, MELANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1861/1/66.pdf http://scholar.unand.ac.id/1861/ |
Daftar Isi:
- Kondisi pasar telekomunikasi yang dinamis dengan berbagai merek SIM Card yang ditawarkan menyebabkan konsumen menjadi semakin selektif dalam memilih produk dan rentan untuk melakukan brand switching. Setiap perusahaan mencoba menonjolkan produknya dibandingkan produk lain dengan berbagai cara seperti menetapkan kebijaksanaan produk, harga, maupun promosi agar dapat mempertahankan dan merebut pasar serta dapat bertahan dalam persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh atribut produk, harga, dan promosi pada brand switching bagi pengguna SIM Card di Kota Padang. Penelitian ini merupakan suatu penelitian explanatory dengan metode survey dan pendekatan cross section. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 orang responden dengan metode pengambilan sampel non-probability dan teknik purposive sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Smart PLS ver 2 M.3. Variabel bebas yakni faktor atribut produk (X1), faktor harga (X2), dan faktor promosi (X3), sedangkan variabel terikatnya adalah brand switching (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor atribut produk, harga, dan promosi berpengaruh pada keputusan brand switching bagi pengguna SIM Card. Kata Kunci : brand switching, SIM Card, atribut produk, harga, promosi