UPAYA KOMUNIKASI PERSUASIF BERZAKAT KE BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KOTA PADANG
Main Author: | MISHBAH EL YASER, MISHBAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/17900/1/ABSTRAK.pdf http://scholar.unand.ac.id/17900/2/BAB%201.pdf http://scholar.unand.ac.id/17900/3/BAB%20akhir.pdf http://scholar.unand.ac.id/17900/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://scholar.unand.ac.id/17900/5/Skripsi%20Utuh.pdf http://scholar.unand.ac.id/17900/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK UPAYA KOMUNIKASI PERSUASIF BERZAKAT KE BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KOTA PADANG Oleh : Mishbah El Yaser 1110862024 Pembimbing : Yesi Puspita, M. Si Revi Marta M.I.Kom Fenomena ini mengenai kurangnya upaya komunikasi persuasi yang dilakukan oleh suatu badan pengelola zakat kepada masyaralat Kota Padang, sehingga menimbulkan masyarakat tidak bermiat menyalurkan zakat ke badan pengelola zakat. BAZNAS sebagai badan pengelola zakat hadir dan berusaha melancarkan komunikasi persuasi kepada masyarakat agar masyarakat beralih untuk menyalurkan zakat ke BAZNAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya komunikasi persuasi yang dilakukan oleh BAZNAS melalui bidang humasnya dalam menggalakkan kampanye berzakat ke BAZNAS di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, triangulasi, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Humas, Wakil I BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, penyalur zakat (muzakki), penerima zakat (mustahiq). Teori yang digunakan untuk mengetahui upaya komunikasi persuasi, peneliti menggunakan teori Information Integration oleh Heath dan Littlejohn & Foss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Padang kepada masyarakat Kota Padang adalah bentuk komunikasi persuasi yang dilaksanakan BAZNAS melalui bidang humas dalam menggalakan kampanye berzakat ke BAZNAS dengan tujuan mempengaruhi, meyakinkan, dan mengajak masyarakat beralih untuk menyalurkan zakat ke BAZNAS. Melalui aktivitas Humas BAZNAS berupa publikasi dan event, serta penyuluhan, aktivitas tersebut mampu merpersuasi masyarakat dan menarik minat masyarakat untuk menyalurkan zakat ke BAZNAS. Kata kunci: Komunikasi Persuasi, BAZNAS Kota Padang, Aktivitas Public Relations, Praktisi Humas BAZNAS, Teori Information Integration