ANALISIS SISTEM DAN EFISIENSI PEMASARAN CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum) DARI NAGARI LADANG LAWEH KECAMATAN BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Main Author: OKI, SAMILA RICI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/17216/1/abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/17216/2/Bab%201.pdf
http://scholar.unand.ac.id/17216/3/Bab%205.pdf
http://scholar.unand.ac.id/17216/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/17216/5/skripsi%20oki%20samila%20rici.pdf
http://scholar.unand.ac.id/17216/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran cabai merah keriting dari Nagari Ladang Laweh. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 April-27 Mei 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel penelitian terdiri dari 19 orang petani dan 17 orang pedagang cabai merah keriting. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sensus dan snow ball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga lembaga pemasaran (pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer) dan tujuh saluran pemasaran cabai merah keriting dari Nagari Ladang Laweh yang semuanya melakukan fungsi-fungsi pemasaran. Berdasarkan analisis margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran, maka saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran I yaitu terdiri dari petani, pedagang pengecer dan konsumen. Namun, permintaan cabai merah keriting dari pedagang pengecer ke petani pada saluran I rendah, yaitu 70kg (7%). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada petani untuk memilih saluran III dengan permintaan yang lebih tinggi dari saluran I, yaitu 325kg (34%). Untuk mengetahui saluran pemasaran cabai merah keriting ke luar daerah, penting dilakukan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Efisiensi pemasaran, Cabai Merah Keriting