ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEBUDAYAAN, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PEMBELIAN MINYAK GORENG CURAH DI KOTA PADANG
Main Author: | SHINTA, RAHMANDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/17175/1/abstrak.pdf http://scholar.unand.ac.id/17175/2/BAB%201.pdf http://scholar.unand.ac.id/17175/3/BAB%20V.pdf http://scholar.unand.ac.id/17175/4/daftar%20pustaka.pdf http://scholar.unand.ac.id/17175/5/joined_document%20s.pdf http://scholar.unand.ac.id/17175/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Pembelian Minyak Goreng Curah Di Kota Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Konsumen yang dijadikan responden ditentukan secara isidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik responden dan jawaban dari pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadap jumlah pembelian minyak goreng curah di Kota Padang. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan antar variabel bebas yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis dengan variabel terikat yaitu jumlah pembelian minyak goreng curah. Berdasarkan hasil analisis nilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,418. Nilai dari uji variabel secara bersama-sama didapatkan sebesar 8,081 dengan sig. 0,000. Berarti adanya pengaruh dari Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis secara bersama-sama terhadap Jumlah Pembelian Minyak Goreng Curah. Sedangkan hasil dari uji variabel secara individu didapatkan bahwa variabel faktor sosial dengan nilai sebesar 3,708 berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembelian minyak goreng curah. Adapun saran yang dapat diberikan adalah 1) kepada pemerintah untuk dapat melakukan sosialisasi di tingkat keluarga mengenai larangan penggunaan minyak goreng curah sehubungan dengan kualitas minyak goreng curah tidak sebaik minyak goreng kemasan yang bermerek. 2) untuk peneliti yang tertarik melakukan penelitian mengenai minyak goreng curah, disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan faktor lain yang mempengaruhi pembelian minyak goreng curah, seperti dari segi pemasaran: produk, harga, lokasi, dan promosi. Kata Kunci : Faktor kebudayaan, Faktor sosial, Faktor pribadi, Faktor psikologis, Perilaku Konsumen