Pengaruh Motivasi Event terhadap Loyalitas Destinasi Wisata dengan Kepuasan Pengunjung terhadap Perayaan Budaya sebagai Variabel Mediasi (studi pada Perayaan Imlek di Kota Padang)

Main Author: Dioly, Andina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/16642/1/abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16642/2/BAB%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16642/3/BAB%20V.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16642/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16642/5/FIX.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16642/
Daftar Isi:
  • Salah satu studi dalam pemasaran pariwisata yang belum banyak dikaji oleh praktisi dan akademisi adalah event Perayaan Budaya Imlek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi event terhadap loyalitas destinasi wisata dengan kepuasan pengunjung terhadap perayaan budaya sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian ini yaitu masyarakat yang pernah terlibat dalam Perayaan Imlek di Kota Padang. 150 responden dipilih melalui metode Purposive Convenience Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square 2.0 (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi event secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan loyalitas destinasi wisata secara signifikan positif dipengaruhi oleh kepuasan pengunjung.