Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Pada Perilaku Impulse Buying Konsumen Plaza Andalas Padang

Main Author: Fikri, Islami Siddik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/16391/1/201510101731th_bab%20i%20-%205.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16391/
Daftar Isi:
  • Impulse buying merupakan perilaku konsumen yang cenderung berperilaku pergi dulu ke supermarket, toko, atau retail lainnya dan melihat-lihat dulu baru memutuskan produk yang ingin dibeli. Impulse buying merupakan keputusan pembelian yang dibuat oleh pelanggan secara spontan atau seketika setelah melihat barang dagangan (Utami, 2014). Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen mengalami pengalaman tiba-tiba, memiliki dorongan yang kuat untuk membeli sesuatu dengan segera. Keputusan pembelian konsumen terutama keputusan yang bersifat impulse buying dapat didasari oleh faktor individu konsumen yang cenderung berperilaku afektif. Perilaku ini dapat didasari oleh motivasi belanja konsumen yang bersifat hedonis atau hedonic shopping motivations. Hedonic shopping motivations diartikan sebagai perilaku berbelanja yang berhubungan dengan alasan intrinsik, multisensory, fantasy, dan aspek emosi dalam memenuhi kebutuhan (Fathonah, 2009).