Pengaruh Green Perceived Value, Green Perceived Risk, Green Trust, dan Perceived Price terhadap Green Purchase Intention pada Konsumen Pertamax di Kota Payakumbuh dan Bukittinggi

Main Author: Devi Yulia, Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/16339/1/201511171417th_skripsi_devi%20yulia%20rahmi_1211322011.pdf
http://scholar.unand.ac.id/16339/
Daftar Isi:
  • Green marketing sedang gencar dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar, namun tidak semua perusahaan mampu mengintegrasikan dengan baik strategi green marketing tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui 1) pengaruh green perceived value terhadap green trust, 2) pengaruh green perceived risk terhadap green trust, 3) pengaruh perceived price terhadap green purchase intention, 4) pengaruh green perceived value terhadap green purchase intention, 5) pengaruh green perceived risk terhadap green purchase intention, dan 6) pengaruh green trust terhadap green purchase intention. Jenis penelitian explanatory research dengan metode penelitiannya survey explanatory dan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen yang menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar di Kota Payakumbuh dan Bukittinggi. Ukuran sampel adalah 110 responden, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Data primer didapatkan dengan menyebarkan 110 kuesioner kepada responden. Analisis data dengan statistik deskriptif dan SEM (Stuctural Equation Model) dan diolah menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa adanya pengaruh positif green perceived value terhadap green trust, dan green trust terhadap green purchase intention. Selain itu ditemukan juga bahwa adanya pengaruh negatif diantara green perceived risk terhadap green trust. Namun dalam penelitian ini ditemukan bahwa green perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention. Penemuan lain bahwa perceived price juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap green purchase intention pada konsumen pertamax dikota Payakumbuh dan Bukittinggi. Implikasi penelitian ini, Pertamax harus terus meningkatkan value dari produknya dan mengurangi resiko yang muncul. Kata Kunci : Green Purchase Intention, Green Perceived Risk, Green Perceived Value, Green Trust, Perceived Price.