AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN THE FIRST YEAR STUDENTS' COMPOSITION AT ENGLISH DEPARTMENT, ANDALAS UNIVERSITY

Main Author: FEBRI, DASNITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/1613/1/201504031827rd_skripsi%20febri.pdf
http://scholar.unand.ac.id/1613/
Daftar Isi:
  • Skripsiinimerupakanpenelitiantentangkesilapandalamkaranganmahasiswa yang dianalisisdenganmenggunakananalisiskesilapan (Error Analysis).Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanjenis-jeniskesilapandanmenje laskanfaktorpenyebabnya. Teori yang digunakanberdasarkanteori James (1998), yang menjelaskankesilapan di dalamempatkategoriyaitu: penghilangan, penambahan, kesilapandalambentuk, dankesilapandalampenataan. Sedangkanuntukmengetahuitipe-tipekesilapandiaplikasikanteoridariLado (1957).Fokusanalisisadalahpendeskripsiankesilapangrammatikal yang dipengaruhibahasapertamadan yang tidakdipengaruhiolehbahasapertama, menurutteoriDulay et al (1982). Metode yang digunakanmenurut James (1998) yaitu; carapengumpulan, pendeteksiankesilapan, penetapankesilapan, pendeskripsiankesilapan, danpenjelasankesilapandenganmetodedeskriptif. Data diprolehdari 7 mahasiswa, 30% dari 23 orang mahasiswa. Temuanpenelitianmenunjukanbahwaterdapat total kesilapansebanyak 115 di dalam 36kalimat yang dibuatolehmahasiswa. Jenis-jeniskesilapan yang dominandalamsebuahkaranganujiantengah-semester padamatakuliahKomposisiyaitu; same meaning different form and distribution, structure and rule, incomplete rule application, exploiting redundancy, overlooking co-occurrence restriction, and overgeneralization.Penyebabkesilapandipengaruhiolehfaktorinterlingualdanfaktor intralingual.