AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS IN THE FIRST YEAR STUDENTS' COMPOSITION AT ENGLISH DEPARTMENT, ANDALAS UNIVERSITY
Main Author: | FEBRI, DASNITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1613/1/201504031827rd_skripsi%20febri.pdf http://scholar.unand.ac.id/1613/ |
Daftar Isi:
- Skripsiinimerupakanpenelitiantentangkesilapandalamkaranganmahasiswa yang dianalisisdenganmenggunakananalisiskesilapan (Error Analysis).Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanjenis-jeniskesilapandanmenje laskanfaktorpenyebabnya. Teori yang digunakanberdasarkanteori James (1998), yang menjelaskankesilapan di dalamempatkategoriyaitu: penghilangan, penambahan, kesilapandalambentuk, dankesilapandalampenataan. Sedangkanuntukmengetahuitipe-tipekesilapandiaplikasikanteoridariLado (1957).Fokusanalisisadalahpendeskripsiankesilapangrammatikal yang dipengaruhibahasapertamadan yang tidakdipengaruhiolehbahasapertama, menurutteoriDulay et al (1982). Metode yang digunakanmenurut James (1998) yaitu; carapengumpulan, pendeteksiankesilapan, penetapankesilapan, pendeskripsiankesilapan, danpenjelasankesilapandenganmetodedeskriptif. Data diprolehdari 7 mahasiswa, 30% dari 23 orang mahasiswa. Temuanpenelitianmenunjukanbahwaterdapat total kesilapansebanyak 115 di dalam 36kalimat yang dibuatolehmahasiswa. Jenis-jeniskesilapan yang dominandalamsebuahkaranganujiantengah-semester padamatakuliahKomposisiyaitu; same meaning different form and distribution, structure and rule, incomplete rule application, exploiting redundancy, overlooking co-occurrence restriction, and overgeneralization.Penyebabkesilapandipengaruhiolehfaktorinterlingualdanfaktor intralingual.