ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SAYURAN KOL DI PASAR TRADISIONAL DAN PUSAT PERBELANJAAN MODERN DI KOTA PADANG
Main Author: | LILA, APRILINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1609/1/201504012016st_skripsi_lila%20aprilina_1110222019_pertanian.pdf http://scholar.unand.ac.id/1609/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Oktober 2014 dengan tujuan penelitian untuk menganalisis perilaku konsumen sayuran kol di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan di dua pasar tradisional yaitu pasar Raya Padang dan pasar Lubuk Buaya dan dua pusat perbelanjaan modern yaitu Plaza Andalas dan Basko Grand Mall. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan sampel yang diambil sebanyak 30 orang di pasar tradisional dan 30 orang di pusat perbelanjaan modern. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku konsumen tampak sayuran kol di pasar tradisional adalah konsumen membeli sayuran kol sebanyak 1_Kg dengan rata-rata frekuensi pembelian 2-5 kali dalam sebulan yang berbelanja pagi hari. Pedoman utama membeli sayuran kol adalah manfaat/gizi dan harga dan membeli atas kemauan sendiri. Sedangkan di pusat perbelanjaan modern adalah biasanya membeli sayuran kol sebanyak 1_Kg yang frekuensi pembeliannya 2 kali dalam sebulan yang berbelanja siang hari. Pengambil keputusan pembelian adalah keluarga. Perilaku konsumen tidak tampak yang diamati adalah persepsi dan loyalitas konsumen. Dari hasil analisis diagram cartesius, bahwa atribut kesegaran, harga, rasa dan daya tahan sudah memenuhi kepuasan konsumen tetapi untuk atribut kebersihan masih kurang. Atribut lain yaitu kemasan, ukuran dan aroma dinilai tidak begitu penting dalam mempengaruhi pembelian konsumen. Sedangkan di pusat perbelanjaan modern, atribut kesegaran, rasa, daya tahan dan kebersihan sudah memenuhi keinginan konsumen tetapi untuk atribut harga masih kurang. Atribut lain yaitu ukuran, kemasan dan aroma tidak begitu penting bagi konsumen. Tingkat loyalitas konsumen sayuran kol di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern sudah cukup baik.