ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN LALITO COFFEE AND TEA DI KOTA PADANG
Main Author: | AUDIA, ALICA FERDINAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/15916/1/201511112316th_upload%20skripsi.pdf http://scholar.unand.ac.id/15916/ |
Daftar Isi:
- Lalito Coffee and Tea merupakan kedai kopi yang menawarkan kopi asli Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen Lalito Coffee and Tea. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pengambilan sampel dilakukan secara aksidental sampling. Analisis dan alat yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik konsumen yang membeli minuman kopi di Lalito Coffee and Teamemiliki penghasilan diatas Rp 5.000.000 perbulan dan pengeluaran untuk satu kali pembeliandi Lalito Coffee and Tea rata –rata antara Rp50.000 – Rp100.000karenahanyadijadikansebagai minumanselingan. Kepuasan yang telah diberikan oleh Lalito Coffee and Tea yaitu kehigienisan kopi, penampilan kopi, lokasi, kenyamanan tempat, kebersihan tempat, ketersediaan toilet, dekorasi kafe, dan ketersediaan fasilitasi wifi sehingga harus dipertahankan oleh perusahaan. Dan yang dianggap konsumen memiliki kinerja berlebihan adalah pada promosi media – media sehingga sangat memuaskan bagi konsumen. Sedangkan konsumen yang tidak puas dan perlu diperbaiki oleh perusahaan yaitu cita rasa kopi, aroma kopi, keramahan dan kesopanan pramusaji, penampilan pramusaji, penjelasan pramusaji, kecepatan penyajian, dan kecepatan transaksi. Selanjutnya konsumen bersikap biasa saja atau netral yaitu packing kopi, kesesuaian harga dengan kualitas dan pelayanan, kesigapan pramusaji, ketersediaan akses parkir, ketersediaan papan nama, pendekatan pada komunitas, dan program loyalitas. Setelah penelitian dilakukan maka kualitas akan difokuskan pada tingkat kepentingan (Importance) yang tinggi tetapi tingkat kinerja (Performance) rendah. Pihak Lalito Coffee and Tea sebaiknya meningkatkan kinerja atribut – atributnya yang masih belum bekerja dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan kepuasan bagi konsumen.