STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN PERTAMA MAHASISWA PADA TAHAP PEMBELAJARAN PROFESI KEPERAWATAN DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2013

Main Author: ADRIAN, DWI CANDRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/15619/1/CRV0377.pdf
http://scholar.unand.ac.id/15619/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tahap profesi merupakan lanjutan dari pembelajaran tahap akademik, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari di pada tahap akademik ke pasien langsung dalam bentuk tindakan keperawatan profesional. Oleh karena itu, pengalaman pembelajaran tahap profesi yang berbeda-beda terutama pengalaman pertama penting untuk digali agar proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Telah dilakukan penelitian kualitatif, studi fenomenologi bertujuan untuk mengekplorasi, memahami dan memberi makna dan arti pengalaman pertama mahasiswa pada tahap pembelajaran profesi keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Padang. Empat orang partisipan diambil secara purposive sampling berpartisipasi dalam wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan diolah dengan menggunakan analisis tema. Empat tema utama muncul yaitu “mengalami kecemasan”, “mengalami perbedaan”, “membutuhkan dukungan”, dan “menjadi kompeten”. Dengan 6 subtema yaitu kurangnya pengalaman dan keterampilan dalam melakukan tindakan, kurangnya persiapan, perbedaan cara dan prosedur tindakan, dukungan pembimbing klinik, dukungan orang tua dan memiliki keterampilan keperawatan profesional. Disarankan agar pihak institusi pendidikan lebih memperhatikan program persiapan pembelajaran tahap profesi pertama agar proses pembelajaran berjalan optimal. Kata kunci: pembelajaran tahap profesi, pengalaman pertama, studi fenomenologi