Daftar Isi:
  • Penerapan dan pengelolaan good corporate governance (GCG) merupakan sebuah konsep yang menekankan pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, dan tepat waktu. Oleh karena itu, baik perusahaan publik maupun tertutup harus memandang GCG bukan sebagai aksesoris belaka, tetapi sebagai upaya peningkatan kinerja dan nilai perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh prinsip good corporate governance (GCG) dalam hal ini transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, serta fairness terhadap kualitas pelayanan di PT Bank BTPN Tbk cabang Padang. Manfaat penelitian ini adalah Bagi pengembangan teori, dapat menjelaskan pengaruh GCG terhadap peningkatan kualitas pelayanan sedangkan bagi perusahaan, hasil penelitian ini juga bermanfaat kepada para pemegang saham dari perusahaan yang ingin mewujudkan konsep GCG. Temuan penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam memberikan masukan kepada para pemakai laporan keuangan dan praktisi penyelenggara perusahaan dalam memahami mekanisme sehingga dapat meningkatkan nilai dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bank BTPN Cabang Padang dengan menggunakan metode kuantitatif dengan alat penelitian berupa kuesioner. Penelitian ini menghubungkan variabel Good Corporate Governance dengan indikatornya yaitu transparancy, accountability, independency, serta fairness dan menghubungkan variabel kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty serta mencari hubungan antara variabel dependen dan independen tersebut yaitu variabel Good Corporate Governance dengan vaiabel Kualitas Pelayanan atas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) (X) dalam hal ini transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, serta fairness terhadap kualitas Pelayanan di PT Bank BTPN Tbk Cabang Padang (Y) dapat ditarik kesimpulan yang sesuai dengan masalah tujuan penelitian. Good Corporate Governance (GCG) (X) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Bank BTPN Cabang Padang (Y). Kontribusi Good Corporate Governance (X) terhadap Kualitas Pelayanan Bank BTPN Cabang Padang (Y) adalah sebesar 79,9% dan ditemukan berpengaruh signifikan, sedangkan sisanya sebesar 20,1% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. Semua dimensi Good Corporate Governance meliputi transparancy, accountability, responsibility, independency dan fairness ditemukan memiliki korelasi yang kuat dengan variabel Good Corporate Governance (X), dan signifikan. Dimensi yang paling kuat korelasinya yaitu Transparancy dengan nilai korelasi 0,896. Semua dimensi kualitas pelayanan meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy ditemukan memiliki korelasi yang kuat dengan variabel Kualitas Pelayanan (Y), dan signifikan. Dimensi yang paling kuat korelasinya yaitu Reliability dengan nilai korelasi 0,900. Kata Kunci : Good Corporate Governance, Kualitas Pelayanan.