AN ANALYSIS OF STUDENTS‟ SPEAKING FLUENCY IN ENGLISH AT SENIOR HIGH SCHOOL 3 PADANG

Main Author: SILVIA, TRISNAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/15242/1/20082016%20%20SILVIA%20TRISNAWATI.pdf
http://scholar.unand.ac.id/15242/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas ukuran-ukuran kefasihan (fluency) dalam berbahasa Inggris dan melihat tingkat kefasihan berdasarkan teori Ellis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kefasihan berbahasa Inggris dan tingkat perbedaan kelancaran berbahasa Inggris pada siswa kelas XI program IPA dan IPS di SMA 3 Padang. Serta menentukan urutan dari tiap-tiap individu berdasarkan kecepatan rata-rata berbicara (speech rate), durasi berhenti (number of pauses), durasi terhenti (pauses length), pengulangan kata (repetition), penggantian kata (replacement), perumusan ulang (reformulation). Dalam pengumpulan data berupa ujaran yang bersumber dari sepuluh orang siswa, dan penulis juga menggunakan metode Cakap (interview) melalui teknik Rekam dan Catat yang di catat ulang secara ortografi. Dalam hal ini, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Rod Ellis (2005). Selanjutnya, dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan metode Formal dan Informal. Dari hasil analisis, didapati tiga kategori rangking berdasarkan kecepatan rata-rata berbicara, yaitu; sangat lancar, cukup lancar, dan kurang lancar. Ada tiga partisipant yang dikategorikan sangat lancar yaitu partisipant 3, partisipant 1, dan partisipant 7. Untuk kategori cukup lancar, yaitu; partisipant 8, partisipant 2, dan partisipant 6. Selanjutnya ada Empat partisipant kurang lancar, yaitu partisipant 5, partisipant 9, partisipant 10, dan partisipant 4. Penulis juga mencatat bahwa ada beberapa faktor eksternal dan internal yang ikut mempengaruhi penilaian Faktor internal seperti gugup, mata yang tidak fokus, ragu-ragu, antusias, dan kurang fokus. Sementara faktor eksternal seperti ruangan yang bising dan banyaknya jumlah partisipan dalam satu ruangan yang membuat partisipan lain terganggu konsentrasi ketika di interview. Kata kunci : fluency, speech rate, number of pauses, pauses length