MPLICATURE AS FOUND IN THE SLOGANS OF LIFE INSURANCE ADVERTISEMENTS
Main Author: | NORRA, ERISHA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/13669/1/201504070950th_implicature%20as%20found%20in%20the%20slogans%20of%20life%20insurance%20advertisements.pdf http://scholar.unand.ac.id/13669/ |
Daftar Isi:
- Dalam skripsi ini dibahas makna tidak langsung (implied meaning), yaitu suatu makna tersirat yang terdapat pada slogan iklan asuransi jiwa yang berbahasa Inggris. Istilah lain dari makna tersebut adalah implikatur (implicature). Implikatur yang ada pada semua slogan iklan asuransi jiwa dapat dijelaskan melalui pemahaman konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikatur atau makna tidak langsung yang ada pada slogan tersebut. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian adalah mengumpulkan data, menganalisis data, dan menampilkan hasil analisis. 12 iklan asuransi jiwa diambil dari internet. Kriteria iklan asuransi jiwa yang diambil adalah slogan, gambar, dan berbagai tambahan informasi lainnya. Semua kriteria tersebut bertujuan untuk menentukan ide/pokok pikiran yang terkandung dalam slogan tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan pragmatik, yaitu kata-kata yang terkandung dalam slogan dijelaskan dan dijabarkan dengan mengamati konteks. Teori yang digunakan adalah yang dikemukakan Grice dan Mey. Hasil analisis data dipresentasikan dengan metode formal dan informal. Dari hasil analisis ditemukan beberapa makna tidak langsung pada slogan- slogan iklan asuransi jiwa. Makna tidak langsung pada slogan-slogan yang ditemukan adalah tentang keselamatan hidup, solusi keuangan, kenyamanan hidup, perlindungan kesehatan, solusi perencanaan masa depan dan solusi kebahagiaan hidup yang bisa diperoleh jika menggunakan produk asuransi jiwa yang terdapat pada iklan. Pada umumnya slogan dalam iklan asuransi jiwa mempromosikan kualitas asuransi jiwa secara implisit.