Pengaruh Pendidikan Gizi Metode Lari Estafet Terhadap Perubahan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Murid Kelas V di SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016

Main Author: Yuli, Asmi Susanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/12742/1/Abstrak.pdf
http://scholar.unand.ac.id/12742/2/Bab%20I.pdf
http://scholar.unand.ac.id/12742/3/Bab%206.pdf
http://scholar.unand.ac.id/12742/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://scholar.unand.ac.id/12742/5/SKRIPSI.pdf
http://scholar.unand.ac.id/12742/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi metode lari estafet terhadap perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang pada murid kelas V di SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan disain one group pretes-postest. Dilakukan kepada 24 murid kelas V dengan menggunakan soal pretest dan postest saat sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pemberian pendidikan gizi. Data diolah secara analisis univariat dan analisis bivariat. Analisis univariat untuk melihat distribusi karakteristik sampel dan perolehan skor pengetahuan sampel. Analisis bivariat menggunakan uji paired sample t-test untuk data yang berdistribusi normal dan uji wilcoxon untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah murid yang menjawab benar setiap item soal meningkat bila dibandingkan antara hasil pretest dengan postest. Hasil analisis bivariat dengan α = 0,05 didapatkan p value 0,000 ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata total skor pengetahuan murid pada saat sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi pendidikan gizi. Dengan demikian pendidikan gizi metode lari estafet memberikan pengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden. Kesimpulan Kesimpulannya terdapat pengaruh pendidikan gizi metode lari estafet terhadap perubahan pengetahuan murid kelas V SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo. Dengan demikian disarankan agar metode pendidikan gizi ini dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran mengenai gizi seimbang. Daftar Pustaka : 39 ( 2002 – 2015 ) Kata Kunci : Pendidikan Gizi, Pengetahuan Gizi