PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN, ASUPAN ENERGI DAN LEMAK PADA REMAJA GIZI LEBIH DI SMP NEGERI 4 PADANG PANJANG TAHUN 2016
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Pendidikan tentang gizi dan pengaturan pola makan, merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kelebihan berat badan pada remaja. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi terhadap perubahan tingkat pengetahuan, asupan energi dan lemak pada remaja gizi lebih di SMP Negeri 4 Padang Panjang tahun 2016. Metode Jenis Penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan one group pre and post test design. Populasi adalah semua remaja kelas VII dan VIII di SMP Negeri 4 Padang Panjang dengan jumlah sampel 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dan analisis data yang digunakan adalah uji Paired t test. Hasil Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh ada perbedaan rata-rata tingkat pengetahuan remaja gizi lebih sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi (p= 0,000), tidak ada perbedaan rata-rata asupan energi remaja gizi lebih sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi (p=0,152) dan tidak ada perbedaan rata-rata asupan lemak remaja gizi lebih sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi (p=0,715). Kesimpulan Ada perbedaan rata-rata tingkat pengetahuan remaja gizi lebih sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi dan tidak ada perbedaan rata-rata asupan energi dan lemak remaja gizi lebih sebelum dan setelah diberikan pendidikan gizi. Diharapkan petugas kesehatan setempat agar bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan informasi atau penyuluhan kepada remaja mengenai gizi seimbang dan pencegahan gizi lebih. Daftar Pustaka : 46 (1996 – 2015) Kata Kunci : Pendidikan Gizi, Tingkat Pengetahuan, Asupan Energi dan Lemak