ANALISIS POSTER MANNER PADA PERUSAHAAN TOKYO METRO (TINJAUAN WACANA PRAGMATIK)
Main Author: | KHAIRANI, CHALID |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1159/1/201510280834th_skripsi%20oke.pdf http://scholar.unand.ac.id/1159/ |
Daftar Isi:
- Kata kunci : poster manner Jepang, kalimat, pesan. Masyarakat Jepang dikenal sebagai masyarakat yang patuh pada aturan. Hal ini dapat diketahui bagaimana mereka mematuhi peraturan ketika berada di transportasi umum. Pada perusahaan Tokyo Metro terdapat poster mengenai manner, poster tersebut terdapat pada tahun 2013. Kalimat yang ada pada poster manner terdapat unsur wacana pragmatik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menentukan tipe kalimat yang terdapat dalam poster manner tahun 2013, berdasarkan wacana pragmatik, (2) untuk mengetahui pesan apa yang terdapat pada poster manner tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat Deskriptif. Data dijaring dengan menggunakan metode simak/baca dan teknik catat. Data untuk penelitian ini diperoleh dari perusahaan Jepang yang bernama Tokyo Metro. Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik Pilah Unsur Tertentu (PUP). Hasil analisis akan dituliskan dengan metode informal. Hasil analisis penelitan ini adalah tipe kalimat yang sering digunakan pada poster manner tahun 2013 berdasarkan wacana pragmatik yaitu kalimat komisif dan kalimat impositif. Pesan yang terdapat pada poster manner yaitu mengingatkan masyarakat Jepang khususnya di daerah Tokyo untuk lebih memperhatikan peraturan yang telah dibuat.