ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LUBUK BEGALUNG PADANG TAHUN 2015
Main Author: | VELIANA, ANDRIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1155/1/201510272202th_skripsi-veliana-andrika-1110323043.pdf http://scholar.unand.ac.id/1155/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien merupakan indikator penentu keberhasilan pelayanan kesehatan. Puskesmas sebagai pelayanan tingkat pertama dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi harapan pasien. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pasien JKN di Puskesmas Lubuk Begalung tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 323 responden. Pengumpulan data dengan cara kuesioner, kemudian data diolah secara komputerisasi dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan JKN terhadap beberapa dimensi adalah kehandalan (53,3%), jaminan (62,5%), bukti fisik (61,3%), empati (40,9%), dan respon (43,7%). Untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas disarankan agar Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan tingkat pertama dapat meningkatkan keramahan petugas administrasi dalam pendaftaran dan tanggapan tenaga medis dan petugas kesehatan lainnya ketika menyampaikan keluhan yang dirasakan dalam pelayanan sebagai pengguna JKN. Kata kunci : JKN, Kepuasan Pasien Daftar pustaka : 49 (2003-2015)