PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA
Main Author: | KEICHY, ANOMOSA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/11107/1/201502102121th_skripsi.compressed.pdf http://scholar.unand.ac.id/11107/ |
Daftar Isi:
- Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi penting yang digunakan investor dalam menilai kinerja manajer atas sumber daya pemilik. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen adalah laba. Menurut Statement of Financial Accounting Concept (SFAC) No.1, informasi laba merupakan indikator untuk mengukur kinerja atas pertanggungjawaban manajemen dalam mencapai tujuan operasi yang telah ditetapkan serta membantu pemilik untuk memperkirakan earnings power perusahaan dimasa yang akan datang. Informasi laba memiliki pengaruh sangat besar bagi para penggunanya dalam mengambil suatu keputusan, sehingga perhatian investor sering terpusat kepada informasi laba. Adanya kecenderungan investor yang terpusat pada informasi laba, tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba tersebut disadari oleh manajemen, sehingga mendorong adanya praktik manajemen atas laba (Assih dan Gundono:2000).