Analisa Kesenjanganantara Harapan dan Kinerja Kereta Api Rute Padang-Pariaman

Main Author: Feri, Nofrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/11012/1/201501271324th_tugas%20akhir.pdf
http://scholar.unand.ac.id/11012/
Daftar Isi:
  • Kereta api rute Padang-Pariaman merupakan salah satu moda transportasi dengan multi keunggulan yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan transportasi terutama bagi komuter antara kedua kota tersebut. Tingkat pelayanan dari kereta api merupakan faktor penting dalam memuaskan harapan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara tingkat harapan penumpang kereta api dengan tingkat kinerja operator atau layanan yang dirasakan oleh pelanggan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 280 responden yang merupakan penumpang kereta api Padang-Pariaman. Untuk kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dirasakan pelanggan kereta api digunakan metoda analisis tingkat kepentingan- tingkat kepuasan (IPA) yang terdiri dari analisa kuadran dan analisa kesenjangan (Gap Analysis). Berdasarkan hasil analisa dengan metoda IPA, dapat disimpulkan bahwa secara umum pelanggan merasa puas terhadap layanan kereta api. Namun ada beberapa atribut yang harus dievaluasi dan diperbaiki. Atribut-atribut tersebut yaitu ketersediaan Wi-Fi di atas kereta dan stasiun, serta frekuensi keberangkatan kereta. Ketiga atribut tersebut berada pada kategori prioritas utama pada analisa kuadran dan memiliki nilai gap yang besar antara harapan dan kinerja dari PT.KAI.