HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA TANJUNGPINANG

Main Author: LIZA, WATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://scholar.unand.ac.id/10551/1/201410281027th_bab%201-7%20tesis%20%204%207.pdf
http://scholar.unand.ac.id/10551/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan dan perubahan lingkungan eksternal menyebabkan persaingan terhadap mutu pelayanan antara rumah sakit secara global.Meningkatnya sosial ekonomi, pendidikan, perkembangan pola penyakit, teknologi kesehatan, dan trend berobat keluar negeri menjadi peluang sekaligus ancaman bagi rumah sakit dalam mempertahankan pasiennya.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan loyalitas pasien diruang rawat inap RSUD Kota Tanjungpinang.Desain penelitian korelasional.Sampel 66 responden dengan propporsional random sampling.Alat ukur kuesioner dengan 43 pertanyaan. Analisis data univariat, korelasi Spearman dan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan keperawatan (p = 0,002), dimensi tangible (p = 0,011), reliability (p = 0,008), responsiveness ( p = 0,002), dan assurance (p = 0,011)terdapat hubungan secara signifikan dengan loyalitas pasien, kekuatan hubungan cukup dan arah positif. Variabel yang paling dominan adalan responsiveness (OR= 6,86 ). Manajemen keperawatan harus inovatif mengembangkan strategi untuk meningkatkan loyalitas pasien. Kata kunci : kualitas , pelayanan keperawatan, loyalitas pasien Pustaka (1987- 2014)