STUDI PERENCANAAN SISI UDARA BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU
Main Author: | IFFAN, AL HAFIZ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://scholar.unand.ac.id/1045/1/201510251414th_skripsi%20den.pdf http://scholar.unand.ac.id/1045/ |
Daftar Isi:
- Dengan adanya ASEAN Open Sky dan Low Cost Carrier, maka akan diramalkan jumlah penumpang maskapai penerbangan akan meningkat beberapa kali lipat. Dari tingginya demand angkutan udara tersebut maka yang dituntut untuk memenuhi fasilitas bukan hanya dari pihak maskapai sebagai pengangkut penumpang, tetapi perusahaan pengelola bandara juga dituntut untuk meningkatkan fasilitas dari bandara tersebut. Landasan pacu di Bandara Internasional Minangkabau memiliki panjang 3000 m dan lebar 45 m. Lebar landasan hubung 23 m. Luas apron 37.800 m2. Dari hasil perhitungan yang didasarkan standar International Civil Aviation Organization (ICAO) dan dengan pesawat A350-900, maka panjang landasan pacu diperpanjang menjadi 3134 m. Lebar landasan hubung masih mencukupi untuk menampung pergerakan pesawat pada jam sibuk. Sedangkan untuk luasan apron dengan pertumbuhan jumlah pergerakan dan jumlah penumpang maka diperluas menjadi 85.850 m2. Kata Kunci: Landasan Pacu (runway), Landasan Hubung (taxiway), Apron, A350-900