Pengembangan E-Book Flipbook Berbasis Studi Kasus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian berikut dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X IPS SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif dengan jenis penelitian pengembangan ADDIE untuk mendapatkan produk bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus untuk meningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Dari hasil validasi ahli desain pembelajaran diperoleh persentase penilaian sebesar 85,7%, validasi ahli media pembelajaran 84,7%, dan validasi ahli materi pembelajaran 87%. Sehingga disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan. Dari perhitungan uji t-tes menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas A dan B, dimana rata –rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan menggunakan bahajar e-book flipbook (IPS-1) lebih tinggi 16% yaitu sebesar 81,39 dan mencapai nilai KKM yakni 70, dibanding kelas kontrol (IPS-2) yang masih memakai metode pembelajaran konvensional dengan buku cetak dengan rata – rata nilai hasil belajar 67,97 serta belum mencapai nilai KKM. Disimpulkan bahwa bahan ajar e-book flipbook berbasis studi kasus efektif digunakan.