STUDI LITERATUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model problem based learning melalui kajian literatur yang relevan dan mengetahui proses jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model problem based learning dari setiap penelitian yang dikaji. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu dengan mempelajari data dari jurnal atau skripsi yang relevan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan jurnal dan skripsi yang relevan dengan penelitian. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat menggunakan model Problem Based Learning (2) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah juga dapat membuat proses jawaban siswa menjadi lebih baik dan bervariasi.