ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS VIII MTS SWASTA DARUL ULUM SIPAHO
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTS Swasta Darul Ulum Sipaho setelah di ajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and learning. (2) untuk mengidentifikasi persoalan yang dialami siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Ulum Sipaho dalam mengerjakan ujian kemampuan Koneksi matematis setelah dibimbing dengan model pembelajaran Contextual Teaching and learning. Jenis penelitian ialah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu kelas VIII-C MTs Swasta Darul Ulum Sipaho T.A 2021/2022. Hasil penelitian yang diperoleh : tingkat kemampuan koneksi matematis dengan kategori tinggi sebanyak 14 orang siswa (50%) mampu pada indikator mencari hubungan representasi konsep dan urutan matematika, hubungan antar topik dalam matematika, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Kategori rendah sebanyak 8 orang siswa (28,57%) kurang mampu pada indikator mencari hubungan representasi konsep dan urutan matematika, hubungan antar topik, kurang mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kategori sedang sebanyak 6 siswa (21,43%) mampu pada indikator mencari hubungan representasi konsep dan urutan matematika, hubungan antar topik, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII-C MTS Swasta Darul Ulum Sipaho Siswa yaitu kesulitan dalam operasi sehingga menyebabkan kesalahan pada proses penyelesaian soal, tidak mengenali gagasan dengan menuliskan ditanyakan dalam menjawab soal dalam mencapai indikator, menemukan hubungan dari berbagai indikasi konsep dan urutan matematika, siswa salah pada operasi atau prosedur yang salah sehingga kesulitan pada koneksi antar simbol dengan simbol dan koneksi antara cerita kontekstual, siswa kesulitan antar konsep subsitusi dan eliminasi.