Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi program linear untuk siswa XI IPA. Kualitas LKPD mengacu pada aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu dalam contoh pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop & Disseminate. Lantaran keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan hingga tahap pengembangan. Subjek penelitian ini merupakan anak didik kelas XI IPA Swasta Dharma Bakti Medan yang dibagi 2 kelas yaitu kelas uji coba dan pelaksana. Validitas LKPD dalam pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan oleh 3 validator yaitu Ibu Erlinawaty Simanjuntak, S.Pd, M.Pd., Ibu Sri Lestari Manurung, S.Pd, M.Pd. dan Ibu Sionna Bangun, S.Pd dengan skor 93%. Rerata nilai memberikan nilai dengan kategori sangat baik kemudian dikembangkan LKPD tersebut dapat dikatakan layak. Kepraktisan pembelajaran menggunakan LKPD pada kelas uji coba Lembar Kerja yang dikembangkan sudah praktis, berdasarkan tanggapan siswa dengan kategori “Baik”, tanggapan guru pada kategori “Baik” dan melalui lembar observasi pada kriteria “Sangat Baik”. Tanggapan siswa pada kelas pelaksana menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan pada kategori “Sangat Baik”. Belajar menggunakan lembar kerja berbasis masalah terhadap tingkat pemecahan masalah siswa belum tercapai di kelas uji coba. Kembali dilakukan revisi terhadap LKPD yang dikembangkan dan diujicobakan pada kelas Pelaksana yaitu (1) Ketuntasan belajar klasikal pada kelas pelaksana persentase peserta didik yang yang memenuhi kategori sebesar 90%. (2) Indikator pembelajaran yang sudah memenuhi kategori pencapaian yang ada yaitu 100%. (3) Nilai Gain peserta didik sebesar 0,326 dengan kategori sedang sehingga LKPD berbasis masalah tersebut dapat dikatakan efektif. Peningkatan dilihat dari nilai Gain dengan nilai kelas uji coba adalah 0,293 dengan kategori rendah kelas pelaksana 0,326 dengan kategori sedang, maka peningkatan nilai Gain sebesar 0.033.