Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash 8 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas dan diteliti berdasarkan gender yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan uji Anava Dua Jalur (Two Ways Anova) untuk melihat pengaruh dari variabel pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, serta melihat interaksi antara ketiga variabel. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali termasuk dengan pretes dan postes. Nilai pretes kelas eksperimen siswa laki – laki dan perempuan yaitu 44,605 dan 47,692, sedangkan nilai pretes siswa laki laki dan perempuan pada kelas kontrol yaitu 45,769 dan 44,736. Setelah diberikan perlakuan, nilai postes siswa laki – laki dan perempuan pada kelas eksperimen naik menjadi 81,538 dan 78,947, sedangkan nilai postes laki – laki dan perempuan pada kelas kontrol adalah 69,03 dan 67,50. Pada analisis uji Anava dua arah menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik berbantuan Macromedia Flash berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan kelas kontrol, dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.