PEDAGOGI YESUS DALAM PERSPEKTIF PROGRESIFISME PENDIDIKAN

Main Authors: Ndona, Yakobus, Siagian, Liber, Habeahan, Sampitmo
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institusi Agama Kristen Negeri Tarutung , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/51833/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/51833/
https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.614
Daftar Isi:
  • Yesus Kristus tidak hanya seorang pendiri kristianitas. Yesus, dari perspektif pedagogik termasuk tokoh pendidikan dengan kekuatan kharisma yang sampai sekarang berpengaruh pada dunia kekristenan. Kharisma pedagogi Yesus tampak dalam pengajaran yang otoritatif, berkharisma, penyampaian harapan-harapan mesianik, dan pola pendidikan yang khas. Telah terhadap kitab-kitab Injil memperlihatkan bahwa pedagogi Yesus tidak berorientasi pada penanaman hukum-hukum agama seperti yang dilakukan para rabi Yahudi. Pendidikan Yesus terfokus pada pembaharuan hati yang berlandaskan pada nilai-nilai kerajaan Allah. Yesus tidak membangun kelas-kelas formal, tetapi menjadikan diri-Nya dan lingkungan sekitar sebagai laboratorium belajar. Pola ini memperlihatkan bahwa pedagogi Yesus memiliki paralel sekaligus kontradiksi dengan berbagai aliran pendidikan yang sekarang berkembang dalam dunia pendidikan. Tulisan ini mengkaji kekayaan pedagogi Yesus yang dilihat dari perspektif progresifisme pendidikan. Analisa hermeneutika falsafati menemukan substansi, pola dan nilai objektif pendidikan Yesus, kemudian lewat gerak refleksi dan heuristika menemukan nilai kontektual yang berimplikasi bagi dunia pendidikan Kristen, dan inspirasi bagi para penggiat pendidikan dewasa ini.