PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI GELOMBANG BERBASIS PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
Main Authors: | Sahyar, , Bunawan, Wawan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPS UNIMED
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51752/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51752/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/15087 |
Daftar Isi:
- Kompetensi siswa Indonesia dalam menyelesaikan soal-soal sains berbasis literasi PISA masih relatif rendah dibandingkan negara ASIA bahkan negara ASEAN. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi gelombang berbasis literasi PISA untuk matakuliah Fisika dasar di Program studi Penidikan Fisika Unimed semester pertama tahun 2019/220. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Kompetensi berbasis PISA meliputi kompetensi dalam menjelaskan fenomena sains, kompetensi dalam mengevaluasi dan merancang eksperimen sains dan kompetensi dalam menginterpretasi data hasil eksperimen sains. Pada tahapan analisis diperoleh bahwa bahan ajar gelombang yang tersedia belum mendukung sepenuhnya tuntutan kompetensi PISA. Pada tahapan desain disusun bahan ajar gelombang dengan memberikan penekanan pada capaian kompetensi PISA. Pada tahap pengembangan materi bahan ajar divalidasi oleh ahli materi dant dilakukan revisi sesuai masukan ahli. Pada tahap implementasi, bahan ajar diuji coba pada kelompok kecil mahasiswa dan dilakukan revisi pada bahan aspek kompetensi penyelidikan sains dan interpretasi data sesuai dengan kesulitan yang ditemukan di lapangan. Pada tahap evaluasi bahan ajar diterapkan pada mahasiswa program sarjana Pendidikan Fisika. Hasil yang diperoleh: ada peningkatan respons mahasiswa dan peningkatan kompetensi berbasis PISA mahasiswa dalam menggunakan bahan ajar gelombang yang telah dikembangkan.