LAPORAN AKHIR PENELITIAN PRODUK TERAPAN PENGEMBANGAN DIGITAL GAME BASED LEARNING DALAM PENGUATAN SPATIAL THINKING ABILITY DAN HOTS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA
Main Authors: | Delita, Fitra, Berutu, Nurmala, Sidauruk, Tumiar, Sari, Rini Maya, Paramana, Doni, Pratama, Aditya |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Medan
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51742/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51742/ |
Daftar Isi:
- Tujuan utama penelitian ini menghasilkan produk digital academic games pada materi Geografi Kelas X SMA Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah Mengevaluasi kelayakan produk digital academic games pada mata pelajaran Geografi; Mengevaluasi efektifitas Game Based Learning pada mata pelajaran Geografi dalam meningkatkan spatial thinking ability dan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa; Luaran dalam penelitian ini meliputi Luaran wajib: Artikel publikasi di jurnal internasional Terindeks (terbit), Hak cipta produk digital academic games (terdaftar/ sertifikat) dan Hak cipta laporan penelitian. Luaran tambahan berupa Buku Ber-ISBN oleh Penerbit Global Aksara Pers (anggota IKAPI) status terbit, Pemakalah pada seminar internasional ICSSIS tahun 2022, serta Publikasi ilmiah jurnal nasional terakreditasi Sinta 2 (terbit). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan statistic deskriptif dan statistic inferensial melalui uji t. Sedangkan data hasil wawancara dianalisis secara kualitatif berdasarkan konten. Hasil penelitian menunjukkan media berbasis game pembelajaran yang dikembangkan sudah pada kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.