LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN INOVASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA SE PROVINSI SUMATERA UTARA
Main Authors: | Delita, Fitra, Berutu, Nurmala, Rahmadi, M. Taufik, Hasibuan, Yuni Sahara, Tanjung, Nurjannah |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51740/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51740/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengevaluasi kelayakan media digital pada mata pelajaran geografi Kelas X SMA, (2) Mengevaluasi efektifitas produk media digital dalam meningkatkan proses dan hasil belajar Geografi siswa SMA. Luaran dalam penelitian ini berupa luaran wajib yaitu prototipe media digital, publikasi di jurnal terindeks scopus, KI berupa paten media digital. Luaran tambahan yakni publikasi pada jurnal nasional dan hak cipta. Penelitian ini berkontribusi pada digitalisasi pendidikan khususnya pada media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring maupun luring. Media pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan berbagai software CMS dalam bentuk website. Pengembangan media dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Kemudian uji coba media menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data terdiri atas:tes untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar siswa melalui pretes dan postes, observasi untuk mengamati uji coba media dalam pembelajaran di kelas, lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media serta kuesioner untuk memperoleh data aspek digital literacy serta studi dokumenter untuk mendapatkan data terkait pembelajaran geografi SMA seperti silabus, RPP, buku geografi Kurikulum 2013 dan lainnya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif. Data validasi tim pakar dikategorikan secara statistic deskriptif dalam bentuk persentase dan skor rata-rata. Sedangkan data hasil belajar dan digital literacy dianalisis dengan statistic inferensial yaitu independent samples t-test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital pembelajaran Geografi pada kategori sangat layak oleh tim ahli dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penerapan media pembelajaran digital lebih efektif dan secara signifikan dapat meningkatkan digital literacy dan hasil belajar pada siswa.