LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL SEBAGAI BAHAN AJAR GURU GEOGRAFI SE PROVINSI SUMATERA UTARA
Main Authors: | Delita, Fitra, Berutu, Nurmala, Rahmadi, M. Taufik, Syahputra, DTM. Damai, Simangunsong, Santa M. |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Negeri Medan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/51739/1/Report.pdf http://digilib.unimed.ac.id/51739/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pelaksanaan e-learning yang dilakukan guru pada mata pelajaran geografi, (2)Mengembangkan media digital pada mata pelajaran geografi, (3) Menganalisis kelayakan produk media digital pada mata pelajaran geografi. Luaran dalam penelitian ini berupa luaran wajib yaitu prototipe media digital, publikasi di jurnal terindeks scopus (F1000 UK), KI dan hak cipta media digital. Luaran tambahan yakni pemakalah pada seminar Internasional IC2RSE 2-6 November 2020. Penelitian ini berkontribusi pada digitalisasi pendidikan khususnya media pembelajaran. Media pembelajaran ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran geografi khususnya bagi guru geografi se Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Pengembangan media dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data terdiri atas: (1) Teknik observasi dengan instrument lembar observasi untuk mencatat hal hal terkait uji coba media oleh guru di kelas, (2) Teknik komunikasi tidak langsung dengan instrument berupa lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, (3) Teknik studi dokumenter untuk mendapatkan data terkait pembelajaran geografi SMA seperti silabus, RPP, buku geografi Kurikulum 2013 dan lainnya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Langkah analisis data terdiri atas reduksi, diplaying data, verifikasi data dan kesimpulan data (conclusion drawing). Hasil penelitian antara lain pelaksanaan E-learning pada mata pelajaran Geografi oleh guru dilaksanakan melaui berbagai platform atau aplikasi seperti WA grup, google classroom, zoom, facebook, quipper, google form, youtube, edmodo, quizzy, blog, kahoot, webex, telepon dan website sekolah. Kendala dalam pelaksanaan e-learning antara lain jaringan internet, siswa tidak mempunyai alat/ fasilitas pendukung, kendala waktu dan biaya paket data. Pengembangan media pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan dalam bentuk video animasi pada materi SIG menggunakan powtoon dan animaker. Setelah pengembangan dan validasi tahap pertama oleh ahli media, ahli materi dan guru geografi, media direvisi kembali sesuai saran yang diberikan ahli dan guru. Hasil validasi tahap kedua dari ahli media, ahli materi dan guru menayatakan media ini sangat layaka untuk digunakan dalam proses pembelajaran geografi khusus materi Sistem Informasi Geografi di kelas X SMA/MA.