LAPORAN AKHIR PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN SISTEM PENUGASAN TERINTEGRASI BERBASIS E-LEARNING PADA PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAF

Main Authors: Sidauruk, Tumiar, Berutu, Nurmala, Delita, Fitra, Tanjung, Nurjannah, Ibrahim, Suaib
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM Universitas Negeri Medan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/51738/1/Report.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/51738/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis proses dalam mendesain dan melaksanakan sistem 6 penugasan terintegrasi di Jurusan Pendidikan Geografi, (2) Mengevaluasi efektivitas dan efisiensi sistem 6 penugasan terintegrasi di Jurusan Jurusan Pendidikan Geografi. Luaran dalam penelitian ini meliputi luaran wajib berupa publikasi jurnal terindeks scopus (F1000) dan luaran tambahan berupa pemakalah pada seminar Internasional IC2RSE 2-6 November 2020. Kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yaitu model pengembangan penugasan dan buku ajar sebagai rujukan dalam pembelajaran serta kontribusi terhadap lingkungan yaitu penugasan berbasis e-learning yang akan menghemat penggunaan kertas (paper less). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Pengembangan model 4D pada penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap pendiseminasian (disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 105 orang yang tersebar di 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang ditentukan secara random sampling. Setelah diundi dapat ditentukan sampel yaitu kelas A 2018 yang berjumlah 28 mahasiswa dan Kelas D 2018 (27 orang). Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik observasi dengan instrument lembar observasi untuk melihat penerapan 6 tugas perkuliahan secara terintegrasi, teknik komunikasi tidak langsung dengan instrument berupa kuesioner untuk mengukur efektifitas dan efiseiensi sistem penugasan terintegrasi di Jurusan Pendidikan Geografi. Kuesioner ini diisi oleh mahasiwa, teknik studi dokumenter untuk mendapatkan data terkait karakteristik mata kuliah. Dokumen tersebut berupa RPS dan kontrak perkuliahan. Langkah analisis data terdiri atas reduksi, diplaying data, verifikasi data dan kesimpulan data (conclusion drawing). Hasil penelitian yaitu penugasan terintegrasi didesain mencakup integrasi dalam bentuk penugasan dan mata kuliah. Bentuk penugasan yang diintegrasikan meliputi Tugas Critical Book Report (CBR), Tugas Critical Journal Review (CJR), Tugas Mini Riset (MR), Tugas Rekayasa Ide (RI) dan Tugas Project (PR). Sedangkan mata kuliah yang penugasannnya terintegrasi adalah Perencanaan Pembelajaran Geografi (PPG), Pengembangan Bahan Ajar Geografi (PBAG), Evaluasi Hasil Belajar Geografi (EHBG) dan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) 1. Platform E-Learning yang digunakan adalah SIPDA Unimed. Mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penugasan terintegrasi berbasis e-learning karena kemudahan dan penghematan biaya